Minggu, 23 Januari 2011

Compreess, Convert, Ripping

KOMPRESI (COMPREESS) 
Tak perlu diragukan lagi, kemajuan teknologi membuat kita semakin mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dengan teknologi kita bisa berbagi kebahagian dengan orang lain dimanasaja dia berada. Tidak ada batasan wilayah antara satu dengan yang lain.
Diantara manfaat yang dapat kita ambil dari teknologi, kita bisa berbagi video dengan orang lain melalui video onlin eatau video streaming dengan memanfaatkan koneksi internet. Meskipun demikian, kita masih perlu untuk mengefektifkan video online kita dapat dilihat secara cepat dan mudah oleh yang lain. Salah satunya adalah dengan cara memperkecil file video yang akankita sharing dengan yang lain supaya mempunyai kapasitas sekecil mungkin yakni dengan carak ompressi.
Kompressi data adalah salah satu tekhnik untuk penyederhanaan file atau file-file dan atau folder dengan cara pemadatan data tersebut (Kompress). Sehingga akan di dapat hasil yang lebih kecil atau sederhana yang selanjutnya dapat disimpan atau didistribusikan kembali. Dalam hal ini adalah Video dan audio,kita bisa menggunakan suatu software atau aplikasi untuk mengkompress suatu file audio dan video.
Tidak perlu mencari sebuah aplikasi pihak ketiga untuk meng-compress sebuah file video karena windows sendiri sudah menyediakan aplikasi yang bergun auntuk meng-compress file video. Aplikasi tersebut adalah Windows Movie Maker, yang sudah disertakan pada windows XP maupunWindows Vista. Jika karena alasan tertentu pada komputer anda belum disertakan Windows Movie Maker, anda bisa men-downlodnya di official website Microsoft.
Pada tutorial kali ini, kami berikan contoh sebuah file yang akan di compress. File video dengan format AVI tersebutberkapasitas61.8 MB.
1.      Pertama, bukaWindows Movie Maker. KlikImport Videopada panel bagian kiri.
2.      Pilih video mana yang akan di compress dan di import keWindows Movie Maker.
3.      Kemudian  “Drag timeline” dari file video tersebut sesuai dengan keinginan anda.
4.      Jika ingin menambahkan sesuatu seperti efek video, suara atau yang lain, lakukan dan buka imaginasi anda dengan video tersebut. Kemudian lanjutkan dengan klik menu File dan pilih Save Movie File.
5.      Pilih dimana anda ingin menyimpan file hasil compress-an nantinya.
6.      Ketika masuk pada pilihan Movie Setting, pilih Other Settings dan pilih Video for broadband (340 Kbps). Untuk pilihan ini, tentukan sesuai dengan kondisi kecepatan akses internet. Semakin kecil ukuran Kbps, maka semakin kecil juga hasil compress-an file yang akan tersimpan, tetapi tentunya akan mengurasi kualitasdari video tersebut.
7.      Klik tombol Next untuk memulai meng-compress file video. Tunggu beberapa saat sampai proses compress file selesai.
Hasilnya, file video menjadi lebih kecil dan dapat anda upload ke YouTube atau layanan video online yang lain. Anda juga dapat menyertakannya dalam sebuah email dan mengirimkannya ke teman, rekan kerja atau keluarga anda yang kebetulan jauh dari tempat tinggal anda.
Kesimpulan :
Tidak perlu susah-susah mencari aplikasi yang dapat digunakan untukmeng-compress file video. Windows sudah menyediakan aplikasi yang bagus untuk meng-compress file. Meskipun bukan yang terbaik, aplikasi ini cukup powefull untuk mengedit file video yang anda miliki.







Convert Video dan Audio
Saat ini untuk sekedar konversi audio video sungguh lebih mudah. Sebelumnya jika kita ingin mendapatkan program gratis konversi video misalnya, mungkin bisa kita dapatkan, tetapi biasanya banyak keterbatasan yang dimiliki. Apalagi untuk konversi video seperti Flash Video (FLV) yang sudah menjadi standar Video di Internet, sebelumnya sangat sulit ditemukan software yang benar-benar gratis.
Salah satu layanan video di Internet adalah YouTube, yang merupakan layanan video terbesar di dunia, dengan hit puluhan juta per hari. Format yang digunakan adalah Flash Player (FLV), yang pada dasarnya hanya bisa di lihat secara online melalui web browser ( di Mozilla Firefox, bisakita download dengan tambahan plugins tertentu).
Dengan banyaknya format audio video, maka terkadang kita memerlukan konversi berbagai format yang ada ke format umum yang bisa di putar di sembarang player atau di ubah ke VCD.Untuk melakukan hal ini, saat ini ada library FFmpeg yang dikembangkan oleh ffmpeg team. FFmpeg sebenarnya merupakan kumpulan berbagai library untuk merekam, menjalankan dan mengkonversi berbagai format audio video.Library ini telah digunakan oleh banyak aplikasi/proyek. FFMpeg dikembangkan dibawah Linux, tetapi telah dikompile keberbagai format, sehingga bisa digunakan oleh hampir semua Sistem Operasi termasuk Windows.

Proyek ini sebenarnya terdiri dari beberapa komponen, diantaranya adalah ffmpeg itus endiri yang merupakan command line tool untuk mengkonversi dari satu format video ke format lainnya, tools ini juga mendukung untuk menangkap dan encoding dari TV card secara real time. Komponen lainnya adalah ffplay, merupakan simple media player yang dapat digunakan untuk menjalankan berbagai format video.Dan masih ada beberapa komponen lainnya.Silahkan dilihatin formasi di Wikipedia tentang FFmpeg untuk lebih lengkapnya, atau langsung mengunjungi web sitenya.

Bagi seorang ahli dan sudah biasa dengan command prompt, bisa saja download aplikasi langsung library ffmpeg dan langsung melakukan konversi file melalui command line.Tetapi bagi kebanyakan orang, tentu ini bukan hal yang mudah.Apalagi jika harus mengkonversi file dengan jumlah yang banyak, sehingga kita memerlukan tools atau aplikasi tambahan agar lebih mudah. Mengingat fasilitas yang begitu banyak, maka banyak proyek yang mengembangkan berdasarkan library ini.Salah satunya adalah WinFF .Dengan aplikasi open source ini, yang dibua tdengan Program Lazarus ( IDEmirip Delphi denganFreepascal ) kita dengan mudah mengkonversi berbagai format audio maupun video, termasuk format FLV. Yang perlu diingat bahwa tidak semua file flv bisa dikonversi, karena kemungkinan file tersebut menggunakan teknologi (codec) yang terbaru).  
Format yang didukungantara lain :
3g2, 3gp, DVD Audio (ac3), Flash Video (flv), H264, Ipod 16:9 WideScreen, XviD HQ, Ipod 4:3 standard, Mobile Phone Audio (amr), MP3, Mpeg 2, Mpeg2 video only, MPEG-4, mpeg3, NTSC DVD, NTSC SVCD, NTSC VCD, PAL DVD, PAL SVCD, PAL VCD, Quictime MOV, Wave (audio only), WMV, Xvid with AC3 audio, Xvid with MP3 audio.











RIPPING
                  Ripping merupakan konversi plus kompressi file selain kita bisa mengubah jenis format file dengan ripping kita juga bisa mengkompress suatu ukuran file (size).Seperti contoh pada dasarnya kita mempunyai Suatu file Video dengan ukuran 4Gb kita ingin memasukkan file DVD tersebut kedalam harddisk computer tapi ukuran tersebut terlalu besar untukdimasukkan kedalam space computer.Nah tujuan ripping ini dengan file DVD yang terpisah-pisah seperti file yamg berekstensi VOB dan IFO, dapat disatukan menjadi satu File dan ukurannya pun menjadi tidak terlalu besar menjadi (600-800 Mb),dengan kualitas video yang begitu bagusdan file tersebut menjadi berekstensikan DVDrip.
                  Teknik ini dapat menggunakan DVDripper seperti Jet Audio yang selain juga dapat melakukan convert tapi juga dapat ripping, Contoh lainnya yakni Software HandBrake software ini sebenarnya memiliki fitur yang kompleks terdapat fitur yang dapat mengatur panjang dan lebar, video codec, framerate, target size, bitrate, subtitle dan lain-lain.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar