Rabu, 27 Oktober 2010

Gunadarma Central Digital Library

Gunadarma Central Digital Library Adalah Sebagai tempat menimba ilmu pengetahuan. Universitas Gunadarma menyediakan Perpustakaan yang dilengkapi dengan beragam bahan pustaka yang terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris, majalah, jurnal ilmiah serta buku ilmu pengetahuan lainnya. Fasilitas Perpustakaan Universitas Gunadarma telah digunakan oleh mahasiswa, dosen, karyawan dan alumni Universitas Gunadarma.

Sesuai dengan kemajuan teknologi komunikasi telah dikembangkan perpustakaan audio visual di Universitas Gunadarma. Perpustakaan ini dilengkapi dengan peralatan video dan TV , juga perangkat komputer untuk keperluan belajar mandiri.Koleksi perpustakaan bersifat satu arah dan dua arah (multi media interaktif) Apabila seorang mahasiswa kesulitan dalam salah satu mata kuliah, mahasiswa dapat mengunjungi perpustakaan audio visual kemudian mencari koleksi yang diinginkan, kemudiana belajar secara mandiri. Dengan perpustakaan audio visual diharapkan keterbatasan ruang dan waktu dapat dihilangkan. seorang mahasiswa sastra Inggris, dapat mempelajari bagaimana kebudayaan inggris dan karya sastra klasik inggris melalui video, atau melalui audio. Untuk memenuhi koleksi video dan multi media interaktif, perpustakaan audio visual dilengkapi dengan studio produksi. distudio ini diproduksi video dan multi media interaktif. Direncanakan akan di produksi video/vcd dan multimedia interaktif untuk semua mata kuliah yang diberikan di universitas gunadarma. Para mahasiswa, dosen dan karyawan serta pihak lain yang berkepentingan dapat memanfaatkan fasilitas tersebut guna mendukung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.

contoh tampilan



Fitur-fitur
- Penulusuran Katalog yang dapat dilakukan oleh mahasiswa
- Penulusuran Buku
- Data Peminjaman Buku leh mahasiswa
- Penulusuran Jurnal 
- Informasi bebas perpustakaan
- Koleksi Buku terbaru
- Usulan Buku
- Link and Resources
- Petunjuk pmbuatan PI/skripsi
- Free journals


Kelebihan
- Mahasiswa bisa terbantu dengan adanya penulusuran, bagi yang sedang bingung  dalam mencari buku peljaran yang dibutuhkan.
- Ditunjang dengan Perpustakaan audio visual, mahasiswa bisa lebih efektif dalam belajar.

Kekurangan
- Karena hanya terdapat satu web, apabila banyak pengunjung yang mengakses situs ini terutama mahasiswa gunadarma secara bersamaan dapat menyebabkan server down bisa dibilang running out capacity.

link
http://library.gunadarma.ac.id




sumber
http://library.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar